Home » Berita Nasional

    Remunerasi Menyesatkan Langkah Reformasi Birokrasi

    Remunerasi. Apa remunerasi itu ? Arti remunerasi tentu saja tidak semua orang tahu seperti yang terjadi pada orang orang awam dikampung ku, Ketika Beberapa waktu lalu saya ngobrol dengan tetangga ku kebetulan ada yang menayakan tentang apa Remunerasi ? saya tidak tahu dari mana mereka mendengar kata Remunerasi, mungkin saja dengan di tv.

    Tapi secara singkat saya menjelaskan pada mereka bahwa remunerasi adalah pemberian hadiah (penghargaan atau jasa), bayaran, imbalan, kompensasi, atau upah pada Pegawai negeri yang nilainya bisa puluhan kali lipat.

    Dari penjelasan diatas istilah remunerasi maupun istilah-istilah lainnya yang diambil pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan, ternyata membuat  masyarakat awam kaget, bahwa pemerintah dengan kebijakannya dianggap benar-benar tidak adil  terhadap rakyat miskin terutama masyarakat desa yang pada umumnya awam  dan tidak bisa berbuat apa-apa (orang kampung juga iri ) hehehe…

    Penilaian serupa dengan orang kampungku tentang langkah pemerintah terkait remunerasi birokrasi ini diungkapkan oleh Sekjen FITRA (Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran) Bahwa langkah pemerintah melakukan remunerasi terhadap beberapa Kementerian yang bertujuan meningkatkan kinerja dan mengurangi korupsi ternyata tidak membuahkan hasil. Kebijakan remunerasi itu justru menyesatkan langkah reformasi birokrasi.

    “Kenaikan belanja untuk remunerasi pada tahun 2010 sampai Rp 34,7 triliun tapi kenyataannya layanan birokrasi semakin buruk,” ujar Sekjen Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Yuna Farhan, dalam diskusi di Catatan Akhir Tahun Anggaran 2010 di restoran Bumbu Desa Jl Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (21/12/2010).

    FITRA juga menilai bahwa remunerasi yang diambil pemerintah hanya menghamburkan uang rakyat yang membuat anggaran membengkak, bahkan katanya remunerasi justru tidak efektif menghapuskan birokrat yang kapitalis, Masih kata Yuna,  bahwa remunerasi  justru hanya akan menimbulkan kecemburuan sosial di Kementerian/lembaga lain yang belum mendapatkannya.

    Baca disini :

    http://www.detiknews.com/read/2010/12/21/133648/1529778/10/remunerasi-merupakan-langkah-sesat-reformasi-birokrasi

    BACA JUGA ARTIKEL BERKAITAN:
    Share/Bookmark this!
    Leave a reply

    Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    *

    Side Notes

    This entry was posted by Glatica on 8:10 pm at 8:10 pm and filed under Berita Nasional category.

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally recognized avatar, please register at Gravatar

    Random Post