Home » Kesehatan

    Propolis Lebah Madu | Manfaat Propolis Obat Segala Penyakit

    Propolis sebuah zat berupa lem yang dihasilkan lebah madu untuk menambal dan memoles sarang lebah guna mensterilkan sarang dari berbagai kuman dan bakteri guna melindungi semua yang ada dalam sarang. Zat ini dikumpulkan oleh lebah dari berbagai pucuk daun-daun muda yang dicampur dengan air liurnya.

    Propolis ini bersifat disinfektan atau anti bakteri serta mampu membunuh semua kuman dan serangan kuman dan bakteri yang akan merusak sarang termasuk semua yag ada dalam sarang lebah seperti Ratu lebah, telur, bayi lebah dan madu.

    Sifat disinfektan alami yang terdapat pada propolis lebah madu ini ampuh membunuh kuman, hal itu terbukti saat ditemukannya seekor tikus yang mati dalam sarang lebah sudah lima tahun lamanya tapi tidak membusuk.

    Kegunaan Propolis bagi manusia dikutip wikipedia adalah :

    • Suplementasi; mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh dan mengaktifkan kelenjar Thymus. Zat-zat tersebut adalah :
    • Pengobatan alami; mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Fungsi pengobatan meliputi hal-hal sebagai berikut :
      • Semua vitamin kecuali vitamin K.
      • Semua mineral yang dibutuhkan tubuh kecuali Sulfur.
      • 16 rantai Asam Amino Essensial yang dibutuhkan untuk regenerasi sel.
      • Bioflavonoid, yaitu zat anti oksidan sebagai suplemen sel. Menurut penelitian, kandungan Bioflavonoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.
      • Sebagai antibiotik, antiviral dan sekaligus antifungal alami tanpa efek samping.
      • Penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya : typhus, diare/muntaber dan sebagainya. Dapat juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu, karena di dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau.
      • Penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya : demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.
      • Penyakit yang berhubungan dengan jamur, misalnya : eksim, panu, keputihan, ketombe dan sebagainya.
      • Anti peradangan (infeksi dan luka), misalnya : maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, lebam, luka bakar dan sebagainya.
      • Sebagai anti kanker dan mutagenesis sel, misalnya : kanker tumor, mium, kista dan sebagainya.
      • Berfungsi untuk membersihkan pembuluh darah dan detoksifikasi atau pembuangan racun, misalnya : asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus dan sebagainya.

    Propolis menurut pendapat para ahli terkait kegunaan yang terdapat didalamnya:

    1. John Diamond MD; propolis mampu mengaktifkan kelenjar thymus yang berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh.
    2. Ray Kupinsel; propolis sebagai anti biotik alami yang mampu melawan berbagai macam penyakit tanpa efek samping
    3. Profesor Arnold Becket; propolis mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur.
    4. Russia Research Team (Tim Riset Rusia); Dalam propolis terdapat zat anti biotik alami dan anti viral, vitamin, asam amino, mineral yang sangat mujarab untuk penyakit mulut, tenggorokan.
    5. Dr. Fang Chu (dokter di Lien Yu Kang Hospital RRT|Tiongkok); propolis berguna untuk penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan untuk penyakit jantung.
    6. Lembaga Riset Kanker Columbia, 1991; dalam propolis terdapat zat CAPE yang berfungsi mematikan sel kanker. Dengan pemakaian zat CAPE secara teratur selama 6 bulan dapat mereduksi kanker sebanyak 50%.

    Dari hasil penelitian dan studi membuktikan bahwa Madu dari lebah madu termasuk propolis yang dihasilkan lebah ini terbukti memiliki manfaat dan khasiat yang mampu mengobati segala penyakit.

    Hampir semua kitab suci termasuk dalam Alqu’an disebutkan dalam  Surat An Nahl ayat 68 & 69“….akan keluar dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, padanya ada obat untuk manusia”. Sehingga banyak yang menyebutkan bahwa madu merupakan salah satu obat yang berikan Allah SWT langsung pada manusia.

    BACA JUGA ARTIKEL BERKAITAN:
    Share/Bookmark this!
    Leave a reply

    Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    *

    Side Notes

    This entry was posted by Glatica on 7:04 pm at 7:04 pm and filed under Kesehatan category.

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally recognized avatar, please register at Gravatar

    Random Post