Home » Islam

    Hukum Konsumsi Kopi Luwak

    Kontroversi halal atau tidaknya kopi luwak dikonsumsi manusia menurut hukum islam beberapa bulan lalu sempat menjadi perbincangan hangat. Menyikapi kontroversi tersebut Majelis Ulama Indonesia Setelah sidang Majelis fatwa MUI menetapkan fatwa bahwa kopi luwak yang keluar bersama kotoran luwak setelah dimakan, hukumnya halal sepanjang telah disucikan.

    Mengenainya perbincangan hangat tentang kopi luwak ( Kopi yang keluar bersama kotoran hewan ) bernama luwak ini berawal ketika presiden SBY melawat ke Australia dan memberi kenang kenangan kepada PM Australia Kevin Rudd pada bulan Maret 2010. Oleh media Asutralia kopi tersebut di tahan dan mendapat sebutan dung diplomacy.

    Kopi luawak dengan proses yang menghasilkan biji kopi dari hewan luwak melalui pencernaan dan merupakan kopi khas indonesia dengan harga mahal ini dapat dikonsumsi tanpa ragu setelah dinyatakan halal oleh MUI (Majlis Ulama Indonesia)

    Ketua MUI Bidang Fatwa KH. Makruf Amin dalam konperensi pers di Kantor MUI menjelaskan, Kopi luwak itu adalah biji kopi yang ditelan luwak kemudian dikeluarkan kembali melalui kotoran, jadi mutanajjis atau terkena najis. Halal dikonsumsi setelah disucikan,” jelas KH Makruf Amin.

    Kopi luwak yang dimaksud dalam fatwa MUI adalah kopi yang berasal dari biji kopi yang telah dipilih dan dimakan oleh luwak kemudian keluar bersama kotorannya dengan dua syarat, pertama biji kopi masih utuh terbungkus kulit tanduk; dan kedua dapat tumbuh jika ditanam kembali.

    Secara lengkap, diktum fatwa MUI adalah:

    1. Kopi luwak sebagaimana dimaksud dalam ketentuan umum adalah mutanajjis (barang terkena najis).
    2. Kopi luwak sebagaimana dimaksud dalam ketentuan umum adalah halal setelah disucikan.
    3. Mengonsumsi kopi luwak sebagaimana dimaksud angka 2 hukumnya boleh.
    4. Memproduksi dan memperjualbelikan kopi luwak hukumnya boleh

    Hukum Kopi Luwak ternyata halal,  semoga informasi ini bermanfaat buat anda yang hobi ngopi

    BACA JUGA ARTIKEL BERKAITAN:
    Share/Bookmark this!
    Leave a reply

    Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    *