Home » Tips & Trick

    Cara Membuat Naskah Pidato (Teks Pidato)

    Saya akan berbagi untuk anda bagaimana cara menyusun naskah pidato atau membuat naskah dan teks pidato yang akan anda bawakan di depan umum. Terutama bagi anda yang akan tampil pertama kali didepan umum. Banyak orang merasa minder saat akan tampil berbicara dan berpidato didepan umum, apalagi jika hal itu baru pertama kali dialami.  Naskah pidato atau teks pidato memang diperlukan jika anda baru pertama kali akan tampil berpidato didepan umum untuk membantu agar tetap fokus pada topik yang akan kita bicarakan.

    Ada hal penting yang harus anda perhatikan jika anda akan berpidato atau berbicara didepan umum agar tidak minder, diantaranya :

    1.      Fokus pada materi yang akan anda bicarakan
    2.      Menguasai materi
    3.      Tidak perlu intermezo dll , kecuali jika perlu

    Membuat Naskah Atau Teks Pidato

    Dalam berpidato atau tampil bebicara didepan umum Teks Pidato atau Naskah pidato penting untuk menunjang kelancaran dalam menyampaikan materi pidato. Untuk membuat naskah pidato/teks pidato perhatikan 3 langkah sederhana dibawah ini :

    1. Pembukaan
    2. Isi Pidato
    3. Penutup

    Pembukaan.

    Dalm pidato, Pembukaan seperti ucapan salam menjadi keharusan bagi orang yang akan berpidato baik pidato itu resmi maupun pidato tidak resmi, seperti :

    1. Ucapan Salam Pada Hadirin (mereka yang hadir)
    2. Mengucapkan rasa syukur pada hadirat allah Swt
    3. Memberikan sapaan/penghormatan pada hadirin yang dianggap sepuh (dituakan)
    4. Kemudian sapaan pada hadirin semua

    Isi Pidato

    Ketika kita akan menyampaikan sebuah pidato, kita mesti bisa berbicara dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa dan pola pikir orang-orang yang hadir dalam pidato kita. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh sebagian besar para pendengar, jangan menggunakan istilah asing jika para penddengar pidato kita kurang bisa mengerti dan memahami artinya. Karena harus kita sadari, salah satu fungsi terpenting dari sebuah pidato adalah kita bisa menyampaikan segala tujuan dan maksud dari apa-apa yang kita ucapkan tersebut, yang tersirat maupun yang tersurat.

    Penutup pidato

    Untuk mengakhiri sebuah pidato, ucapan terima kasih serta penghargaan dan penghormatan kepada para hadirin jangan sampai kita lupakan. Akhiri pidato kita seperti ketika kita mengawalinya. Ucapan syukur dan mengagungkan keagungan Allah Azza Wa Jalla, kita jadikan sebagai akhir dan selesainya kita berpidato.

    Semoga bermanfaat

    BACA JUGA ARTIKEL BERKAITAN:
    Share/Bookmark this!
    Leave a reply

    Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    *

    Side Notes

    This entry was posted by Glatica on 2:28 pm at 2:28 pm and filed under Tips & Trick category.

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally recognized avatar, please register at Gravatar

    Random Post