Home » Kesehatan

    Asbes Penyebab Timbulnya Penyakit Paru-paru

    Jarang sekali orang menyadari bahwa atap rumah yang sering digunakan berupa asbes ternyata sangat berbahaya terhadap kesehatan penghuninya, walaupun tentang asbes ini dinegara – negara lain seperti dijepang, Amerika termasuk negara-negara di eropa sejak tahun 80 an sudah  melarang masyarakatnya menggunakan asbes sebagai atap rumah mereka, karena bahaya yang ditimbulkan terhadap penggunaan asbes

    Tapi di indonesia hanya sebagaian kecil orang yang tahu kalau asbes itu berbahaya bahkan menjadi sumber timbulnya penyakit paru – paru. Menanggapi bahaya asbes ini Kepala Badan Pengelolaan Lingkungn Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat, Setiawan Wangsa Atmaja seusai menghadiri acara Workshop Diseminasi Pengelolaan Limbah Asbestos Provinsi Jawa Barat, di Bandung, Kamis (7/10/2010) mengungkapkan bahwa indonesia trancam bencana ledakan asbes pada 10-20 tahun. Hal itu diungkapkan Setiawan Wangsa Atmaja Dari pengalaman negara Inggris dan Belanda, mengalami ledakan asbestosis setelah 20 tahun mereka menggunakan asbes.

    Akibat ledakan asbes tersebut masyarakat akan terserang  penyakit komplikasi asbestosis seperti rusaknya jaringan paru-paru yang berkomplikasi dengan penyakit TBC. Menurut setiawan, di Indonesia ada 28 industri yang dinyatakan sebagai pengguna asbes untuk dijadikan bahan baku utama proses produksinya.

    Untuk Provinsi Jawa Barat, kata Setiawan, kawasan Cibinong dan Bekasi menjadi kawasan industri di Jabar yang menggunakan asbes sebagai bahan baku utama untuk proses produksinya.

    Tentang bahaya asbes ini pakar kesehatan (ITENAS) Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional, Juli Soemirat mengatakan bahwa asbes itu merupakan bahan bangunan yang fleksibel dan tahan panas, tidak menguap, tahan asam dan tidak mudah hancur dialam, bahan ini seringkali digunakan untuk  mobil, kompor, atap rumah, plafon, pelapis, dan kabel listrik, sehingga jika masuk pada tubuh manusia atau paru-paru bisa mengendap dan menempel dalam paru-paru untuk kemudian merusak paru-paru karena sifat asbes yang tidak bisa dihancurkan oleh tubuh akan terus menetap dalam paru-paru.

    BACA JUGA ARTIKEL BERKAITAN:
    Share/Bookmark this!
    Leave a reply

    Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

    Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

    *

    Side Notes

    This entry was posted by Glatica on 4:49 am at 4:49 am and filed under Kesehatan category.

    This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally recognized avatar, please register at Gravatar

    Random Post